Gus Yaqut di Antara Lilin-lilin Kecil & Komitmennya Sebagai Menteri Agama

Sepertinya Gus Yaqut sudah siap mengikuti cara kerja Presiden Joko Widodo yang dikenal dengan slogan Kerja Kerja Kerja yang digaungkan pada periode pertama pemerintahan Jokowi. Sebagai pimpinan GP Ansor dengan semangat Banser NU, Menteri Agama RI yang baru ini sudah menunjukkan komitmennya dengan semangat tinggi. Pernyataan Yaqut Cholil Qoumas yang akrab dengan sapaan Gus Yaqut ini bahwa dia akan melaksanakan tugasnya dengan menyatakan bahwa dirinya merupakan Menteri Agama untuk semua agama yang ada di Indonesia. 

Pada pojok kiri atas adalah Gus Yaqut, Menteri Agama yang menghadiri perayaan Natal virtual bertajuk Natal Emmanuel 7 Ruang "Terang Dalam Gelap". 

Sehubungan dengan perayaan Natal yang dirayakan umat Kristiani di Indonesia, Gus Yaqut juga mengunjungi gereja dan menemui tokoh agama Kristen. Di tengah kesibukannya yang padat menjelang akhir tahun ini, Gus Yaqut yang dikenal lugas namun selalu bersikap hormat kepada orang yang lebih tua ini telah meluangkan waktunya untuk menghadiri Perayaan Natal yang diselenggarakan oleh Emmanuel Indonesian Presbyterian Church (EIPC) yang berbasis di Washington, D.C, USA. Acara tersebut bertajuk Natal Emmanuel 7 Ruang "Terang Dalam Gelap". 

Gus Yaqut Menteri Agama RI ketika meninjau pelaksanaan Ibadah Misa Natal di Gereja GPIB Imanuel (Gereja Blenduk) di Semarang, Jawa Tengah pada 24/12/2020 (jateng.tribunnews.com)

Perayaan Natal virtual ini juga dimeriahkan oleh Robert Nordling (Bandung Philharmonic), Toni Sianipar (Elfa’s Singers), Erens Mangalo, TOFFI Hamburg. Hadir pula khusus dari Jerman, Claudia Emmanuela Santoso yang juga telah mengharumkan nama Indonesia di luar negeri. Acara ini berlangsung pada Jumat, 25 Desember 2020 waktu Amerika Serikat atau Sabtu, 26 Desember 2020 Waktu Indonesia Barat (WIB). 

Pada video conference tersebut Gus Yaqut selain mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2020,  pada kesempatan tersebut, Menteri Agama menegaskan kembali komitmennya untuk memberantas intoleransi  di Indonesia.

Diawali dengan ucapan terimakasih kepada Rachmad Poetranto dan Lia Sundah, Menteri Agama Gus Yaqut menegaskan bahwa, “Saya ingin menyampaikan kepada saudara-saudara semua bahwa Menteri Agama kali ini adalah Menteri Agama untuk semua agama. Kami berkomitmen bahwa perlindungan terhadap umat beragama di Indonesia tidak akan memilih-milih,” 

Lebih lanjut menteri agama yang baru ini menyatakan pula, “Semua agama akan kami lindungi dan fasilitasi, tentu ini semua untuk Indonesia. Indonesia bukan hanya milik satu agama saja, tapi Indonesia adalah milik kita semua. Semoga Tuhan memberkati kita semua.”

Sementara itu Rachmad Poetranto, Ketua Panitia sekaligus Penatua dari EIPC pada keterangan tertulisnya menjelaskan bahwa ia sangat berterima kasih atas kehadiran Gus Yaqut pada perayaan Natal virtual tersebut. Rachmad Poetranto mengatakan bahwa, “Saya sangat berterima kasih atas kehadiran Pak Menteri pada acara Natal kami yang sederhana ini. Yesus juga lahir dalam kesederhanaan. Beryukur kita semua dapat melalui tahun 2020, ini tahun yang bersejarah,” 

Rachmad yang juga bekerja di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington, D.C. dan merupakan Vice President dari Indonesian American Association (IAA) yang kerap kali melakukan bakti sosial skala besar di masa pandemi kemudian menyatakan bahwa, “Kehadiran Pak Menteri ini merupakan angin segar bagi bagi masyarakat Indonesia dimanapun kita berada. Ini adalah salah satu bentuk nyata dari komitmen Pemerintah RI untuk memberantas bibit-bibit intoleransi,” 

Yang menarik adalah musisi senior yang terkenal dengan lagu hitsnya berjudul Lilin-lilin Kecil juga hadir pada perayaan Natal virtual yang dihadiri Gus Yaqut terebut. James F. Sundah menjelaskan bahwa, “Masa-masa sulit pandemi menciptakan rasa ketakutan. Namun kita percaya bahwa Tuhan akan terus memberikan kekuatan, kasih, dan ketertiban. Mari kita selalu menjadi lilin-lilin kecil untuk menerangi sesama,” 

James F. Sundah, lalu menjelaskan bahwa produksi Lilin-lilin Kecil kali ini khusus karena dilaksanakan ditengah masa pandemi. 

Selain James F. Sundah, hadir pula Claudia Emmanuela Santoso yang berdomisili di Jerman. Claudia Emmanuela Santoso merupakan pemenang The Voice of Germany 2019. 

Pada perayaan Natal virtual tersbut Claudia mengatakan bahwa ia berharap lagu yang ia bawakan akan menjadi pesan perdamaian. “Saya berharap lagu ini bisa menjadi pesan perdamaian, kebaikan, dan menjadi berkat bagi kita semua,” 

Acara virtual dalam rangka perayaan Hari Natal tersebut berlangsung dalam suasana kekeluargaan. Karena kesibukannya Gus Yaqut mohon pamit dari acara tersebut lebih awal. Sebelum pergi dari video conference tersebut diakhiri dengan foto bersama Gus Yaqut yang bersemangat hadir dalam acara bertajuk Terang Dalam Kegelapan tersebut. 

Pada video berikut ini bisa disaksikan penegasan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terkait komitmennya sebagai Menteri Agama RI yang baru pada perayaan Natal virtual. 




Comments

Trending Topic

Fantastic holiday like celebrities and politicians in the Maldives

Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo

Setelah FPI Dibubarkan Terungkap Permintaan Nasdem Kepada Pemerintah

Ariel, the Noah is free and ready to marry Sophia?

Laskar Nikita Mirzani Diluncurkan Di Bunderan HI Jakarta

Advan Barca Tab 7 and Advan Barca 5 inch smartphone for Barca Fans

Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka lalu ungkit nama Ahok

Fakta Baru Yang Dialami AHY Setelah Isu Kudeta Terhadap Partai Demokrat