Bareskrim Mabes Polri Ungkap Jenis Senpi Yang Diduga Milik Laskar FPI

Pada peristiwa di KM 50 Tol Jakarta - Cikampek, Senin dini hari, 7 Desember 2020 aparat kepolisian menemukan senjata tajam (sajam) dan senjata api (senpi). Diduga senjata tersebut merupakan milik anggota FPI yang kemudian sering disebut sebagai Laskar FPI. Laskar tersebut  ketika itu mengawal Muhammad Rizieq Shihab alias MRS. 

Pada saat ini MRS masih ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya, Jakarta karena sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait kerumunan dan terjerat pasal penghasutan dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun. Berdasarkan uji balistik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, senjata api tersebut merupakan jenis rakitan. 

Brigjen Pol Andi Rian Djajadi (pewarta.co)

Ketika cnnindonesia.com (21/12/2020) mengkorfirmasi hasil uji balistik itu, Brigadir Jenderal Andi Rian Djajadi, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) menjelaskan bahwa "Hasil pemeriksaan ahli balistik menyatakan 2 pucuk Senpi yang digunakan Laskar FPI adalah senjata non pabrikan [rakitan],"

Brigjen Andi Rian Djajadi kemudiaan mengungkapkan bahwa senpi tersebut menggunakan amunisi 9 milimeter dan merupakan jenis revolver. Brigjen Andi lalu mengatakan, “Menggunakan amunisi 9 milimiter,”

Sebelum uji balistik tersebut pihak kepolisian mengklaim bahwa senjata api tersebut diduga milik FPI dan digunakan anggota FPI untuk menyerang polisi yang sedang bertugas. Sebagaimana dilaporkan cnnindonesia.com, FPI membantah bahwa senjata tersebut sebagai milik FPI.

Polisi menemukan kecocokan antara proyektil di tempat kejadian perkara (TKP) dengan dua senjata api yang diduga digunakan anggota laskar pengawal pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Sementara itu jogja.tribunnews.com pada 19 Desember 2020 melaporkan pula keterangan yang disampaikan Brigjen Polisi Andi Rian Djajadi yang menyebutkan bahwa, "Ada kecocokan (antara dua senjata api yang diduga digunakan anggota laskar FPI dengan proyektil yang ditemukan di TKP atau mobil polisi),"

Polisi meyakini bahwa senjata tersebut merupakan milik Laskar FPI karena polisi menemukan jelaga di tangan anggota Laskar FPI. Brigjen Andi juga mengatakan bahwa, "Senjata model revolver non-pabrikan. Bahasa pasarnya rakitan. Amunisi yang digunakan kaliber 9 mm,"

Situs berita jogja.tribunnews.com (19/12/2020) melaporkan pula bahwa selain dua senjata api, polisi juga menyita sebilah celurit, sebilah pedang katana, tujuh butir peluru, dan tiga selongsong peluru, yang diduga milik anggota Laskar FPI.

Terkait tentang asal usul senjata api tersebut, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi kemudian menegaskan bahwa, "Penyidik saat ini lebih fokus kepada penggunaan (senpi) secara tidak sah, asal-usulnya bisa dari mana-mana,"

Comments

Trending Topic

Fantastic holiday like celebrities and politicians in the Maldives

Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo

Setelah FPI Dibubarkan Terungkap Permintaan Nasdem Kepada Pemerintah

Ariel, the Noah is free and ready to marry Sophia?

Laskar Nikita Mirzani Diluncurkan Di Bunderan HI Jakarta

Advan Barca Tab 7 and Advan Barca 5 inch smartphone for Barca Fans

Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka lalu ungkit nama Ahok

Fakta Baru Yang Dialami AHY Setelah Isu Kudeta Terhadap Partai Demokrat