Terkait Sikap Donald Trump Diplomat Kesal Pada Mike Pompeo. Kenapa?

Dunia sudah mengetahui kemenangan Joe Biden dan Kamala Devi Harris sebagai Presidentelect dan Vice President elect pada US Election 2020. Masyarakat global juga tahu kalau Donald Trump tidak mau mengaku kalah apalagi mengucapkan selamat kepada Biden seperti biasanya terjadi setelah ada kepastian siapa pemenang Pipres di USA yang heboh itu. 

Boris Johnson Perdana Menteri Inggris, Presiden Jokowi dan para pemimpin dunia lainnya seperti Presiden Perancis, Mexico dan banyak lagi juga sudah memberi ucapan selamat secara resmi atas kemenangan telak Joe Biden atas Donald Trump. 

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Vladimir Putin Presiden Rusia memang belum mengirim ucapan selamat kepada Biden dengan alasan akan menantikan pengumuman resmi. 


Presiden Donald Trump nampak sedang menyimak omongan Mike Pompeo (dunia.ermol.id)

Sementara itu para dipomat internasional diketahui marah kepada Menlu AS, Mike Pompeo karena tidak mau mengakui bahwa kekuasaan Donald Trump di White House sudah berakhir. Kantor berita AFP (11/11/2020) mengutip omongan Pompei yang mengatakan, bahwa "Akan ada transisi mulus ke pemerintahan Trump kedua,"

Kemudian Pompeo juga berujar, "Dunia harus yakin bahwa transisi yang diperlukan untuk memastikan bahwa Departemen Luar Negeri berfungsi hari ini ... dengan presiden yang menjabat pada 20 Januari satu menit setelah pelantikan akan berhasil,"

Menlu AS yang bernama lengkap Michael Richard Pompeo menolak kemenangan Biden dan ngotot bahwa Donald John Trump akan tetap berkuasa. Sikap dan pernyataan Pompeo yang belum lama ini menemui Presiden Jokowi di Istana Bogor telah membuat kesal banyak diplomat internasional. 

Sebagaimana diketahui Donald Trump sebelumnya memang mengatakan bahwa pihak demokrat telah mencuri kemenangannya. Trump pun tidak mengakui hasil pemilu yang terjadi pada masa pandemi Covid-19 ini. Pada 10 November 2020 pada akun Twitternya Donald Trump kembali membuat cuitan, "Kita Akan Menang".

Apakah transisi dari Trump ke Biden akan berjalan mulus seperti pada jaman-jaman sebelumnya? 

Situs berita cnbcindonesia.com pada 11/11/2020 melaporkan pula pernyataan Pompeo bahwa penolakan Trump terhadap hasil pemilu AS adalah sikap resmi pemerintah AS. Seperti diketahui Presiden Trump menuduh bahwa terjadi kecurangan besar-besaran pada US Election 2020 ini. Untuk itu Trump akan menggugar perhitungan suara. 


Sulit menebak apa yang akan terjadi pada warga Amerika Serikat yang mungkin sedang menghitung hari untuk pelantikan Joe Biden dan Kamala Devi Haris sebagai Presiden dan Wapres AS. 

Yang menarik adalah sikap warga Indonesia yang punya pengalaman internasional sebagai pelaut dan pernah berlabuh di Florida dan New York, kampung Donald Trump. Responsnya tentang kekalahan Donald Trump terungkap pada tayangan berikut ini. Meskipun video ini diberi judul dengan Bahasa Inggris, namun dialog seru yang seru ini adalah dalam Bahasa Indonesia. 


Apakah anda sependapat dengan sikap warga Indonesia yang sangat kental dengan logat Madura ini?


Comments

Trending Topic

Fantastic holiday like celebrities and politicians in the Maldives

Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo

Setelah FPI Dibubarkan Terungkap Permintaan Nasdem Kepada Pemerintah

Ariel, the Noah is free and ready to marry Sophia?

Laskar Nikita Mirzani Diluncurkan Di Bunderan HI Jakarta

Advan Barca Tab 7 and Advan Barca 5 inch smartphone for Barca Fans

Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka lalu ungkit nama Ahok

Fakta Baru Yang Dialami AHY Setelah Isu Kudeta Terhadap Partai Demokrat