Terkait Acara HRS, Ridwan Kamil Penuhi Panggilan Bareskrim. Berapa Pertanyaan dan berapa jam RK diperiksa?

Terkait kegiatan yang dihadiri Muhammad Rizieq Shihab, Ketua FPI yang sering disebut HRS yang mengundang kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19 yang berlangsung di Megamendung, Jawa Barat, Ridwan Kamil penuhi undangan Bareskrim Jumat (20/11/2020) di Jakarta Selatan. Ini berbeda dengan Anies Baswedan yang diperiksa di Polda Metro Jaya. Ridwan Kamil alias RK tiba sekitar pukul 09.40 WIB dengan kemeja biru dengan rompi dinas. 

Belum diketahui berapa pertanyaan yang akan diajukan kepada RK alias Kang Emil ini. Anies dicecar 33 pertanyaan lebih dari 8 jam. Apakah durasi pemeriksaan yang dialami RK juga akan sama seperti pengalaman Anies?

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat & Anies Baswedan, Gubernur Jakarta yang dipanggil pihak berwajib karena kedua pejabat tinggi ini sama-sama terkait kerumunan kegiatan yang dihadiri Habib Rizieq (indozone.id)

Menurut laporan pandangan mata cnnindonesia.com (20/11/2020) Ridwan Kamil nampak lebih banyak diam saat tiba di Bareskrim. Nampak beberapa staff ikut mendampingi RK. Ketika para wartawan bertanya Gubernur Jawa Barat yang punya keahlian dibidang arsitektur ini  menjawab, "Untuk dimintai keterangan klarifikasi saja, hasilnya nanti saya sampaikan setelah selesai ya," 

Selain Emil, ternyata penyelidik Bareskrim juga memanggil 10 orang lain untuk dimintai klarifikasi terkait kerumunan acara yang dihadiri Rizieq di Megamendung, 13 November 2020. Mereka tidak diperiksa di Bareskrim Polri di Jakarta, melainkan diperiksa oleh polisi di Polda Jabar.

 Pemeriksaan ini terkait dugaan terjadinya pelanggaran Protokol Kesehatan di Megamendung yang diakibatkan kerumunan besar pada acara yang dihadiri pengikut HRS. Peristiwa serupa juga terjadi di kediaman Habib Rizieq ketika menikahkan putrinya yang digabung dengan acara Maulid Nabi. 

Sementara itu nasional.okezone.com (19/11/2020)  ketika menghubungi Sekretaris Bantuan Hukum DPP Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menilai pemanggilan Ridwan Kamil beserta panitia acara yang dihadiri oleh Habib Rizieq adalah sebuah tindakan yang tidak adil. Aziz Yanuar mengatakan bahwa,“Tidak adil,” 

Situs berita cianjurpedia.pikiran-rakyat.com (20/11/2020) melaporkan dari Gedung Sate, Bandung sehari sebelum diperiksa di Bareskrim, Ridwan Kamil mengatakan bahwa, “Saya terima suratnya sama juga dimintai keterengan, bukan diperiksa tapi dimintai tambahan keterangan terkait acara di Bogor. Sebagai warga negara taat hukum saya penuhi sebaik-baiknya,”

Saat itu pihaknya belum bisa menjelaskan materi permintaan penambahan keterangan apa saja yang akan disampaikan kepada pihak kepolisian. “Itu bagian materi yang panjang dan prosedur proses ini dilakukan,” tuturnya.

Kemudaian RK menegaskan pula bahwa Ridwan Kamil memastikan siap hadir dengan didampingi Biro Hukum Setda Jabar. 

Sempentara itu sampai saat ini belum ada keterangan dari Polda Metro Jaya terkait hasil pemeriksaan atau klarifikasi Anies Baswedan ketika dipanggil Bareskrim Polda Metro Jaya. 


Comments

Trending Topic

Fantastic holiday like celebrities and politicians in the Maldives

Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo

Setelah FPI Dibubarkan Terungkap Permintaan Nasdem Kepada Pemerintah

Ariel, the Noah is free and ready to marry Sophia?

Laskar Nikita Mirzani Diluncurkan Di Bunderan HI Jakarta

Advan Barca Tab 7 and Advan Barca 5 inch smartphone for Barca Fans

Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka lalu ungkit nama Ahok

Fakta Baru Yang Dialami AHY Setelah Isu Kudeta Terhadap Partai Demokrat