Bagaimana kondisi Maradona Sang Gol Tangan saat ini?

Kondisi legenda sepak bola dunia asal Argentina, Diego Maradona yang pernah dijuluki Gol Tangan Tuhan ini sudah membaik setelah menjalani proses operasi otak yang sangat kompleks dan rumit. Operasi tersebut dilakukan setelah ada gumpalan darah di otaknya. 

Menurut laporan medcom.id (9/11/2020) dengan mengutip Football -Italiadokter Leopoldo Luque yang merawat Maradona mengatakan bahwa "Dia (Maradona) kian membaik setiap hari," ujar Luque dikutip Football - Italia.


Momen Gol Tangan Tuhan Maradona pada Piala Dunia 1986 di Estadio Azteca, Mexico City. Argentina pun meraih gelar Piala Dunia (dialeksis.com)

Sementara itu bola.okezone.com (10/11/2020) melaporkan bahwa Maradona yang kini berusia 60 tahun tersebut menjalani operasi untuk hematoma subdural. Operasi tersebut dilakukan setelah Maradona dirawat di rumah sakit dan memiliki kekhawatiran akan anemia dan dehidrasi.

Maradona yang sebelum menjalani operasi rumit itu adalah pelatih club Gimnasia La PlataPara pemain Gimnasia memegang spanduk bertuliskan ‘kami bersama Anda (Maradona) menjelang pertandingan melawan Velez Sarsfield. 

Situs medcom.id lebih lanjut melaporkan pula bahwa Maradona sejatinya masih sempat berada di lapangan ketika Gimnasia La Plata menang 3-0 atas Patronato pada 30 Oktober lalu. Namun Maradona ternyata meninggalkan stadion lebih cepat karena merasa tidak fit 100 persen.

Kenapa Diego Maradona dijuluki Tangan Tuhan? 

Peristiwa itu terjadi pada Piala Dunia 22 Juni 1986. Ketika itu Maradona dianggap menunjukkan kemampuannya layaknya Dewa lewat gol tangan Tuhan ke gawang Inggris yang diprotes keras oleh para pemain Inggris, namun wasit Ali Bin Naser tetap mensahkan gol itu. 

Bukan hanya itu ternyata Maradona membuat 'gol abad ini' beberapa menit kemudian di tengah perasaan galau para pemain Inggris yang merasa sangat dicurangi dalam pertandingan itu. 


Maradona memeluk Lionel Messi ketika Maradona menjadi pelatih Timnas Argentina paad Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Langkah Argentina terhenti di babak perempat final setelah dikalahkan oleh Jerman (beritasatu.com)

Ketika pertandingan usai, dengan enteng Maradona menjawab pertanyaan wartawan tentang gol kontroversial itu, "Itu pasti tangan Tuhan".

Sejak itulah Maradona mendapat julukan Gol Tangan Tuhan. Berselang empat menit Maradona membuat gol "asli" yang disebut sebagai gol abad ini. Inggris pun gagal menjadi juara dunia. Disebut gol abad ini karena dilakukan secara solo oleh Maradona. 

Pada saat bersamaan Maradona mendapat dua julukan sekaligus, Gol Tangan Tuhan dan "goal of the century", dan tangan Maradona yang sedang memegang piala di berbagai headline koran dunia setelah Argentina menjadi juara dunia. 

Hidup Maradona memang penuh warna namun tetap memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia meskipun ada "skandal" Gol Tangan Tuhan itu. 


Comments

Trending Topic

Fantastic holiday like celebrities and politicians in the Maldives

Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo

Setelah FPI Dibubarkan Terungkap Permintaan Nasdem Kepada Pemerintah

Ariel, the Noah is free and ready to marry Sophia?

Laskar Nikita Mirzani Diluncurkan Di Bunderan HI Jakarta

Advan Barca Tab 7 and Advan Barca 5 inch smartphone for Barca Fans

Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka lalu ungkit nama Ahok

Fakta Baru Yang Dialami AHY Setelah Isu Kudeta Terhadap Partai Demokrat