Anies Baswedan Diperiksa Lebih Dari 8 Jam. Apakah Ada Unsur Pidana?

Anies Baswedan diperiksa di Polda Metro Jaya dari pukul 10 pagi waktu Jakarta terkait pelanggaran Protokol Kesehatan. Pemeriksaan tersebut berlangsung lumayan lama sampai sekitar delapan jam. Ketika tiba di halaman Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Anies mengaku diundang untuk memberikan klarifikasi terkait kerumunan yang terjadi pada acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Habib Rizieq Shihab. 

Sementara itu Kementerian Dalam Negeri belum bisa mengambil keputusan terhadap Anies Baswedan karena masih menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan tim penyidik Polda Metro Jaya terhadap Anies. 


Anies Baswedan ketika memberikan keterangan kepada para jurnalis di halaman Polda Metro Jaya sebelum memasuki ruang pemeriksaan (megapolitan.kompas.com)

Menurut laporan cnnindonesia.com (17/11/2020) Polda Metro Jaya juga sedang mencari unsur pidana terkait kerumunan massa dalam acara yang digelar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (14/11) malam. Acara yang dihadiri ribuan orang itu bukan hanya pernikahan Syarifah Najwa Shihab, putri Rizieq - ternyata digabung pula dengan acara Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Tubagus Ade Hidayat di Polda Metro, Selasa (17/11) mengatakan bahwa, "Ada yang dilanggar tidak dengan acara itu? Kalau ada maka telah terjadi pidana. Kalau terjadi pidana, maka akan dilakukan gelar perkara untuk menentukan ada atau tidak pidananya, baru dinaikan ke proses penyidikan,"

Menurut laporan merdeka.com (17/11/2020) selain Anies Baswedan dipanggil pula Wali Kota Jakarta Pusat, Lurah Petamburan, Camat Tanah Abang, Kepala KUA Tanah Abang, RT, RW, Kasatpol PP DKI, Babinkamtibmas, Kabiro Hukum DKI serta beberapa tamu yang hadir.

Ketika Anies Baswedan menemui Rizieq Shihab di Petamburan (nasional.okezone.com)

Lebih lanjut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, menjelaskan pula, bahwa "Ada 14 yang kita layangkan klarifikasi untuk bisa kita mengharapkan kehadirannya hari ini. Siapa-siapa saja dari 14 klarifikasi tersebut yang hadir hari ini ada 9 dan baru saja hadir Kasatpol PP, jadi ada 10," 

Ternyata ada berita sedih terkait pemeriksaan tersebut karena Lurah Petamburan ternyata positif atau reaktif. Hal ini diketahui setelah dilakukan uji swab antigen. Lurah yang malang itu pun dirujuk ke Rumah Sakit Kramat Jati untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan. 

Comments

Trending Topic

Fantastic holiday like celebrities and politicians in the Maldives

Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo

Setelah FPI Dibubarkan Terungkap Permintaan Nasdem Kepada Pemerintah

Ariel, the Noah is free and ready to marry Sophia?

Laskar Nikita Mirzani Diluncurkan Di Bunderan HI Jakarta

Advan Barca Tab 7 and Advan Barca 5 inch smartphone for Barca Fans

Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka lalu ungkit nama Ahok

Fakta Baru Yang Dialami AHY Setelah Isu Kudeta Terhadap Partai Demokrat